Bahasa Pemrograman Komputer

Jika anda menyukai pemrograman, maka pada situs ini anda akan menemukan seputar tip dan trik pemrograman, adapun bahasa pemrograman yang bisa anda temui di sini adalah: Pascal, C, PHP, Delphi dan C++ Builder. Sebagian besar adalah kompiler yang berbasis Microsoft Windows.Bahasa pemrograman tidak lain adalah sebuah cara untuk berkomunikasi dengan mesin, dan mesin yang sedang kita tuju dan kita ajak untuk berkomunikasi adalah komputer. Terlepas dari tipe komputer tersebut, tentunya memerlukan bahasa yang menjembatani komunikasi antara anda sebagai manusia dengan komputer sebagai mesin. Mesin adalah mesin. Yang membuat mesin tersebut menjadi berguna adalah dengan memberikan instruksi kepadanya menggunakan bahasa yang dapat dimengerti oleh mesin.

Jadi pendek katanya adalah, sebenarnya semakin canggih mesin, semakin canggih juga bahasa pemrograman yang digunakannya. Mengikuti perkembangan teknologi informasi yang semakin mudah dan canggih, perkembangan bentuk dan ukuran mesin semakin lama semakin mengecil dibandingkan dengan pendahulunya. Ukuran tentunya bukan lagi masalah jika yang anda cari adalah fungsi. Karena walaupun perangkat keras teknologi informasi masa kini lebih kecil, tetapi sudah bisa dipastikan berfungsi lebih baik dan mutakhir. Begitu juga perkembangan bahasa pemrograman yang dibutuhkan oleh mesin tersebut.

Bahasa pemrograman tidak terlepas juga dari platform di mana bahasa pemrograman tersebut digunakan. Platform sistem operasi yang berkembang sekarang sudah mendukung bahasa pemrograman. Variasi nama, bahasa, dan mode bahasa pemrograman semakin banyak. Bahasa pemrograman pun sudah tersusun berdasarkan kategori tersendiri: bahasa tingkat rendah, tingkat rendah, dan tinggi. Semakin tinggi bahasa pemrograman tersebut, semakin mudahlah manusia untuk memahaminya.

Bahasa tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman yang sudah menyerupai dengan bahasa manusia, antara lain: Pascal, C++, Java dan lainnya. Sebelum anda membuat program menggunakan bahasa pemrograman, adalah sangat baik untuk mengetahui dimana program yang akan anda buat tersebut digunakan, tipe pengguna, sistem operasi yang mendukung, dan persaratan sistem yang dibutuhkan. Jika sudah anda temukan, silakan anda pilih bahasa pemrograman apa yang anda kuasai dan kompiler apa yang anda butuhkan. Selanjutnya, jangan lupa juga anda menentukan dalam lingkungan apa anda akan membuat program anda. Misalnya, Aplikasi Console, Aplikasi Grafik atau Visual, Aplikasi Desktop atau Client Server, Aplikasi Web Server, atau aplikasi Mobile. Setelah semuanya komplit, anda bisa memulai untuk mengembangkan program anda menggunakan bahasa pemrograman yang anda pilih.

Selamat Memprogram.

Oleh : Dedy Gunanto,S.Kom

31 Tanggapan to “Bahasa Pemrograman Komputer”

  1. boim Says:

    Halo Bang Dedy…
    Saya baru dalam mempelajari delphi, saat ini saya sedang belajar menggunakan delphi7. Saat ini saya pingin banget belajar dengan menggunakan Database Interbase/Firebird. Di kota saya (Samarinda) sangat sulit untuk menemukan buku tutorial yang membahas Delphi dengan Database tersebut.
    Kalo Bang Dedy punya bukunya, sy boleh copy atau saya beli deh asal price masuk akal gitu.

  2. X Says:

    Jelasin lg dong ttg bhs pemrograman kyk assembly gt.

  3. ORGH Says:

    lah bos ksih triknya biar cepet nguasai bhs pmrogrmn napa.pascal ja masih pening gt.flow chrt ja kdang katro……….iQ tidur si.

  4. ichal Says:

    tolong donk kirimin alamat web yang bisa dikunjungi yg membahas tentang artikel pemrograman

  5. vh?-n!3 Says:

    aduh…pusying..sying..sying…nih bang dedy…sy baru belajar tentang bhs pemrogaman kmputer ini .br teori2 aja…buener2 g ngrtos sy…bwt apa si sebenarnya belajar bhs pemrogaman????

  6. dedygunanto Says:

    Bahasa Pemrograman lebih merupakan suatu jembatan komunikasi antara manusia (pemrogram) dan mesin (komputer). Teknik dan metode bahasa pemrograman sangat bergantung sekali pada platform apa bahasa pemrograman itu digunakan.

    Secara sederhananya, kita sering bertanya, “Untuk apa sih belajar bahasa pemrograman?”.

    Mungkin jawabnya sangat bervariasi, tapi menurut saya, “belajar bahasa pemrograman adalah untuk – ekstrimnya – memerintahkan pada si mesin (komputer) untuk mengerjakan perintah-perintah (bahasa pemrograman) yang pemrogram tulis pada mesin tersebut.”

    Jadi sebenrnya kita nyuruh komputer untuk melakukan perintah yang kita (pemrogram) tulis.

    Hehe.. segitu deh..

  7. thomz Says:

    bisa minta tolong gk….
    tolong kasih tw dunk….dasar2 tentang bahasa pemrogaman….
    baru mw belajar tentang itu….

    thx….

  8. Marhenk Says:

    Merdeke bung !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    bung ded. aku boleh tahu n minta tolong gak. Sebenarnya ada berapa banyak sih bahasa pemograman. truz masing masing kegunaannya ya. sebanyak banyaknya ya. klo boleh. trima kasih. klo gak ya gpp. he.

  9. Prash Says:

    Assalamu’alaikum Pak,
    mo nanya, apa keunggulan dan kelemahan antara bahasa pemrograman Java dan C/C++. Terutama dalam hal kemampuan & kecepatan memproses data sebesar 600juta record perhari? Terima kasih sebelumnya. Wassalam.

  10. dedygunanto Says:

    Kalau dibilang keunggulan antara java dan c++ bisa dilihat dari hasil kompilasinya, kalau java sekali anda kompilasi, maka anda tidak perlu mengkompilasi lagi untuk mempergunakannya. Walaupun berbeda platform, tapi anda harus menginstall terlebih dahulu JVM (Java Virtual Machine). Kalau C++, anda harus mengkompilasi ulang dan disesuaikan dengan masing2 platform.

    Dan kalau anda berbicara tentang kecepatan proses data, maka itu sudah di luar dari kompiler. Kecepatan proses dan daya tampung besar jumlah data adalah bagian dari database server. Jadi yang harus anda pilih adalah database server yang memiliki kemampuan seperti yang anda sebutkan tadi.

  11. Prash Says:

    Ok Pak Ded,
    tapi prosesnya dilakukan pada level file karena database pake Oracle11g pun gak akan menolong.

    Sementara ini saya nyerah pake C karena ribet banget mau bikin fungsi pencarian seperti hashtable-nya Java yg tinggal pake.
    mo nanya nih, kalo switch(expression) di java utk expression berupa string bagaimana caranya ya? (krn saya gak mau pake IF)
    misalnya :

    String angka = { “SATU”, “DUA”, “TIGA” }

    switch(angka)
    case “SATU”:

    case “DUA”:

    Terima kasih sebelumnya.

  12. Prazh Says:

    Nambah pertanyaan satu lagi nih Pak Ded,
    Mohon saran sebaiknya menggunakan metode pencarian yg bagaimana utk diterapkan pada kasus di bawah ini?

    DATA SOURCE (rownum, nama) :
    1, Agus
    2, Agus
    3, Deni
    4, Sandra
    5, Deni
    dst… (ada 600 juta rows)

    DATA REFERENSI (rownum, nama, ID, Jenis):
    1, Agus, 0001, Laki-Laki
    2, Dewi, 0002, Perempuan
    3, Deni, 0003, Laki-Laki
    4, Sandra, 0004, Perempuan
    dst… (ada 20.000 rows)

    Soal:
    Lengkapi data karyawan.

    Hasil Proses (rownum, nama, ID, jenis) :
    1, Agus, 0001, Laki-Laki
    2, Agus, 0001, Laki-Laki
    3, Deni, 0003, Laki-Laki
    4, Sandra, 0004, Perempuan
    5, Deni, 0003, Laki-Laki
    dst… (ada 600 juta rows)

    Terima kasih atas bantuannya.

  13. dedygunanto Says:

    Pertama untuk kasus switch yang menggunakan string. Memang biasanya switch(arg), “arg” bernilai angka, tapi ada satu trik untuk mengubahnya. Jika yang akan anda evaluasi nilainya berupa string, maka gunakan metode berikut, contoh:

    switch(nama) // nama = string
    {
    case equalsIgnoreCase(“yanti”) :
    System.out.print(“Nama anda Yanti”);
    break;
    case equals(“ADMIN”) :
    System.out.print(“Selamat Datang ADMIN”);
    break;
    }

  14. dedygunanto Says:

    Untuk metode pencarian data yang besar, 600juta baris. Kalau satu baris terdiri dari 50 karakter, jika di gabung bisa mencapai 3 milliar karakter. Masih bisa ditangani dengan buffer komputer. Jadi menurut saya, load semua karakter di file ke buffer (stringBuffer), dan dilakukan pencarian di sana. Kalau anda melakukannya menggunakan metode pencarian ke disk, maka akan sangat bergantung sekali pada RPM (Rotation Per Minute) disk anda. Kalau anda menggunakan buffer, maka akan mengurangi waktu pembacaan di disk. Tentunya juga dilengkapi dengan metode pencarian terbaik. sedangkan strinBuffer mempunyai fasilitas Search terbaik (Quantum Search). Hal ini cukup untuk memadai.

    Semoga bermanfaat

  15. Prazh Says:

    OK Pak, terima kasih sarannya. nanti akan saya coba.
    Tapi yg saya jadi heran, kenapa ya hasil proses yg running di PC dengan di Unix Solaris10 berikut ini berbeda jauh, dimana hasil di Unix malah lebih lambat hampir 3x.
    ada saran? Thanks.

    UNIX: SunFire15000-CPU 32*1800MHz-128GB RAM
    Result:
    >> 576219 rows were read.
    >> 14907 rows were Written.
    total time: ~ 4 minutes

    ================================

    PC: Intel Core2Due E8400-CPU 3GHz-1GB RAM
    Result:
    >> 576219 rows were read.
    >> 14907 rows were Written.
    total time: 1 minute 38 seconds

  16. javakomp Says:

    Munyeng Mas sirahku liat kata katanya apa lagi Scipt nya “”””””””,,,,,,,,,””””

  17. Anhar Tasman Says:

    Mas saya termasuk programer level newbie(Kayak game Online aja ya he he), eh saya kan masih pelajar jadi gak bisa serius sama pemograman karena belajar pemograman harus bisa mempunyai nalar yang kuat dan berkemampuan menghapal yang cukup, tetapi pikiran saya terhambat sama pelajaran disekolah, akibatnya jadi kurang nalar sama skrip2 pemograman dan kurang bisa menghapal skrip2 tersebut.
    Jadi pertanyaan saya gimana sih cara pikir seorang programer yang bener itu? siapa tahu dengan berpikir seperti programer yang bener saya tetap bisa fokus ke pemograman tanpa ketinggalan sama pelajaran disekolah

    • maspai Says:

      saya sih krg sependapat “programmer msti punya daya hapal kuat”. karena skrip yg mesti dihapal sedikit banget :). saya buat program gak ada yg pake sistem hapal. yg buat ribet tuh mikirin alur (algoritma)-nya se-efisien mungkin. so menurut saya (maaf kalo keliru:D) kunci utamanya pada nalar dlm buat alur-nya..

  18. sandri Says:

    gan.. mohon bantuan tuk bahasa pemograman pythyon.. , saya ingin mempelajari satu bahasa pemograman.. saya mohon kemurahan hatinya gan,, bantu saya gan..

  19. Muchlisinalahuddin Says:

    Ass. Pak gimana cara belajar bahasa program komputer?

  20. hosting murah indonesia Says:

    pak, cara menkompile visual fortran ke matlab?ada solution?

  21. victor da costa Says:

    heheheeee biak dan pengen juga karena pun mau ,betul-betul tau paa yang pemograman…???

  22. dananbagus Says:

    mohon berikan langkah2 awal supaya lebih memahami program JAVA

  23. azhariscm Says:

    berguna banget ne, buat saya yang baru masuk pelajaran bahasa pemograman komputer…

  24. i2r Says:

    btw…. fungsi bahasa pemrograman apa yakkk???

  25. calvin sozanolo tel Says:

    Bantu kite bi kin program client server

  26. hero Says:

    good job mas dedy

  27. prianto Says:

    mantab….

  28. Anonymous Says:

    Functional Programming Language is like F# and the others.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: